Berbagai Macam Jenis Graphic Chip Pada Perangkat Mobile

Author Kangmas Raditya Category ,

Sebagian dari kita pastinya sudah sangat familiar dengan graphic card yang lumrah dipakai pada perangkat PC kita,terutama bagi para gamer dan juga graphic desainer. Akan tetapi banyak dari kita yang masih belum mengetahui tentang bermacam macam graphic chip yang digunakan pada ponsel ponsel terrkini dari pabrikan raksasa.

Dalam sebuah artikel yang saya baca terdapat beberapa bahasan yang membandingkan grafik chip yang digunakan oleh beberapa produsen ponsel yang berbasis Android. Selain Android artikel tersebut juga menambahkan iPhone dan beberapa ponsel lain yang dinilai memiliki chip grafis yang cukup mumpuni.

Graphic chip yang bernama PowerVR SGX530 menunjang kemampuan grafis pada beberapa ponsel berbasis Android dan ponsel lainnya,diantaranya adalah Motorola MILESTONE(DROID),Nokia N900,Palm Pre,Samsung i8910 Omnia HD dan juga Sony Ericsson Satio. Graphic chip tersebut berkemampuan 14MPolys/s dan 500Mpx/s.
Selain itu juga terdapat PowerVR SGX535 yang saat ini hanya digunakan oleh produk garapan Apple computer semacam iPhone 3GS dan generasi ketiga dari iPod. Graphic chip ini memiliki kemampuan 28 Mpolys/s dan 500Mpx/s. ada yang menarik dari graphic chip tersebut,yaitu penggunaan dari core SGX 535 pada Intel GMA500. Walaupun bukan itu saja penilaian buat kemampuan performanya akan tetapi hal ini juga patut dicatat sebagai sebuah nilai lebih.

Ponsel Nexus One garapan Htc dan google dikabarkan tidak memakai graphic chip PowerVR,akan tetapi Nexus One mempercayakan soal grafis pada Adreno 200 yang memiliki 22 Mpolys/s akan tetapi jumlah Mpx/s belum diketahui pasti.
Yang terakhir adalah Super AMOLED yang diwakili oleh Samsung S8500 Wave dan Samsung I9000 Galaxy S yang grfik chipnya memakai PowerVR SGX540. Kemampuan dari SGX540 ini diklaim adalah sebesar 56MPolys/s.
source

0 komentar:

Posting Komentar

Theme by New wp themes | Bloggerized by Dhampire